Destinasi Wisata eksotis dan kekinian di Jogja yang harus dikunjungi (Part 1)

Kamu tau ga persamaan kamu dengan Jogja?
Setiap sudutnya selalu bikin rindu.. 😋

Daerah Istimewa Jogjakarta selalu menjadi kota favorite kedua saya setelah kota Bandung. Bagaimana tidak, kota ini memiliki paket lengkap untuk liburan bersama keluarga ataupun teman-teman. Dari wisata kuliner yang murah meriah dan mewah, penduduk lokal yang santun, jalanan Malioboro yang tak pernah sepi, wisata sejarah dan budaya yang eksotis sampai wisata alam di Jogja yang sekarang sedang hits di kalangan anak muda.



Berikut tempat-tempat wisata di Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan :

1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (Source CNN)
Wisata ke Jogja, belum afdol rasanya jika belum pernah mengunjungi keraton Jogja. Didalam keraton ini, kita bisa melihat jejak sejarah perjanjian Giyanti yang dipelopori oleh Belanda dan Patih Pringgalaya. Isi Perjanjian Giyanti melahirkan berdirinya kesultanan Surakarta dan Yogyakarta. 



Harga tiket masuk sebesar 7.500 untuk lokal dan 15.000 untuk turis mancanegara, termasuk ijin foto Rp 1.000 bagi yang membawa kamera baik poket maupun SLR serta bagi pengunjung yang membawa HP. Keraton buka setiap hari pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB, kecuali hari Jumat hanya sampai pukul 11.00 WIB. Disediakan guide dari pegawai keraton yang akan menjelaskan sejarah keraton beserta peninggalannya. 

ditemani Guide dari keraton
di dalam keraton
Alamat Keraton Jogja : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Taman Sari Keraton Jogjakarta

Taman Sari
Setelah mengunjungi keraton, kita akan di arahkan menuju Taman Sari. Taman Sari pada mulanya merupakan sebuah taman yang indah pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono 1. Dibangun pada tahun 1758 Masehi oleh arsitek berkebangsaan Portugis dan sesuai dengan gagasan dari Sri Sultan Hamengku Buwono 1, menjadi sebuah komplek taman dan kolam-kolam yang mengelilinginya. 

Harga tiket masuk sebesar 5.000 untuk lokal dan 12.000 untuk turis mancanegara. Taman sari buka setiap hari pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. 

sources wisatapedi

sources abigailrental
AlamatWisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

3. Keraton Ratu Boko

Gate Keraton Ratu Boko

Semenjak menjadi lokasi syuting Film AADC 2, Keraton Ratu Boko menjadi salah satu tempat yang diminati para turis pemburu foto instagramable di Jogja. Sebagai pemburu sunset dan penikmat historical site, Keraton Ratu Boko menawarkan semua pesona tersebut. Keraton Ratu Boko sendiri sebenarnya bukan merupakan Candi namun reruntuhan sebuah kompleks kerajaan yang konon katanya kerajaan milik Ayah Lara Jonggrang. 


Saya pun sempat terpana saat pertama kali datang ke situs ini, sisa-sisa kemegahan Istana Ratu Boko masih terlihat di balik reruntuhan yang luasnya 250.000m² sehingga menjadi daya tarik tersendiri. 

Reruntuhan Istana Ratu Boko

Keraton Ratu Boko terletak 3 km dari Candi Prambanan. Biasanya wisatawan akan ditawari tiket terusan untuk Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko. Lokasi keraton ini di atas bukit dengan ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut, jadi kita harus mempersiapkan tenaga untuk menaiki puluhan anak tangga.

Harga tiket masuk Keraton Ratu Boko sebesar 40.000 untuk dewasa dan 20.000 untuk anak-anak. Buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Alamat Keraton Ratu Boko : Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Taman buah mangunan dan Jurang tembelan kanigoro

Taman buah Mangunan
Selain terkenal dengan wisata sejarah dan budaya, Jogjakarta juga terkenal dengan wisata alam. Salah satunya adalah Taman buah Mangunan dan Jurang Tembelan Kanigoro. Terletak di lokasi yang sama yaitu di daerah Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul. Berjarak ± 23 km dari pusat kota Jogja/Malioboro. Jalan yang dilalui cukup besar sehingga bisa dilalui dengan motor dan mobil. 

Perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota Jogja terbayarkan begitu sampai tempat ini. Saya terpana melihat keindahan alam Jogja yang begitu hijau dan beratapkan langit biru. Namun, untuk melihat keindahan taman buah mangunan, kita harus melewati puluhan anak tangga dengan kondisi tanah yang kurang merata. Not recommended jika membawa orangtua yang sudah lansia.  

tangga yang dilalui
Tidak jauh dari lokasi Taman Buah Mangunan, kami menuju Jurang tembelan kanigoro. Luas tempat ini sedikit lebih kecil dibanding Taman Buah Mangunan namun yang menarik di lokasi ini banyak disediakan spot-spot foto instagramable dengan bentuk yang unik, seperti perahu, panah, kupu-kupu dll. Untuk berfoto di spot tersebut kita harus menaiki tangga kayu yang cukup tinggi. Disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman dan sepatu kets/sneaker yang tidak licin.

perahu di jurang tembelan kanigoro

Panahan di Jurang tembelan kanigoro

perahu di jurang tembelan kanigoro
Destinasi wisata ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis, hanya membayar seikhlasnya untuk biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi.

5. Hutan pinus Imogiri

hutan pinus imogiri

Destinasi wisata ini hanya berjarak 2,6 km dari Jurang Tembelan Kanigoro. Wisata pepohonan pinus masih terjaga keasriannya serta memiliki gardu yang didesain futuristik sehingga memberikan kesan natural nan klasik. Begitu sampai di hutan pinus, aroma segar dan hawa dingin mulai terasa. Unfortunately, saat kami berada disini tetiba turun hujan deras sehingga kami tidak sempat mengeksplore tempat wisata ini.

Sources pinterest




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer