Kueh Moaci Gemini : Kudapan Legendaris dari Semarang

Kueh Moaci Gemini : Kudapan Legendaris dari Semarang


Sebagai pecinta kuliner, senang rasanya bisa tinggal di negara yang memiliki keragaman suku, budaya dan makanan khas daerah seperti di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki makanan khas dengan keunikan sendiri seperti Jakarta dengan kerak telor, Bandung dengan batagor, Jogja dengan gudeg. Semakin berkembangnya jaman, kudapan tradisional yang bisa dijadikan oleh-oleh di tiap daerah semakin bervariasi dan menjadi lebih modern. Salah satunya kota Semarang yang dikenal dengan Kota Atlas, memiliki berbagai macam kudapan yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti lumpia, bandeng presto, tahu baxo, wingko babat, rempeyek, kue moci atau moaci. Nulisnya aja bikin laper nih.hehe...

Seminggu yang lalu, saya kedatangan sanak saudara dari Semarang yang membawa oleh-oleh berupa kue moaci. Dari kecil saya suka sekali dengan kue moaci bahkan 1 kotak bisa saya habiskan sendiri. Namun moaci yang ini berbeda, ukurannya besar dan isian kacangnya padat. Yang paling unik, nama produsen pembuat moaci terkenal di Semarang ini bernama Moaci Gemini. 


Kueh Moaci Gemini 


Sejarah Moaci Gemini

Kue Moaci/moci berasal dari Jepang, yang memiliki bentuk kecil dan tekstur yang kenyal serta rasa yang manis dengan berbagai isian di dalamnya. Kue moaci dibuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut dan lengket dibentuk bulat kemudian ditaburi tepung. Kue moaci menjadi kudapan favorit yang disukai hampir semua orang bahkan hingga ke negara Cina, Taiwan dan Indonesia dan mengalami modifikasi komposisi dan teksturnya sehingga memiliki ciri khas kue moacinya sendiri.

Kueh Moaci Gemini di produksi pada tahun 1985 oleh Ny. Sri Hartini/ Tjia Sien Nio dan diwariskan kepada penerusnya dr. Hantanto. Pertama kali dipasarkan dengan menitipkan ke toko-toko kecil dan tetangga di wilayah pecinan kota Semarang. Nama Kueh Moaci Gemini semakin dikenal sebagai snack oleh-oleh dari Semarang ketika para tetangga mulai memesan untuk dibawa keluar kota untuk diberikan kepada keluarganya disana.

Bentuk kueh moaci dahulu tidak bulat seperti sekarang ini, melainkan lonjong dan dipotong-potong beberapa bagian dan hanya berbalut bubuk tepung dengan isi kacang. Bubuk tepung dari kueh moaci menempel ketika dimakan dan membuat beberapa pelanggan tidak nyaman saat menikmati. Dari sinilah Sri Harsini membuat ide untuk membuat kue moci berbalut wijen. Pengembangan itu tidak membuat bibir ditempeli bubuk tepung.

Kueh Moaci Gemini sudah bertahan hingga 35 tahun dengan resep turun menurun karena dibuat dengan bahan baku terbaik untuk mempertahankan ke-otentikannya. Kini Kueh Moaci Gemini Semarang sudah menjadi salah satu kudapan khas yang harus dinikmati. Dr Hantanto, putra Ny. Sri Harsini, terus membuat inovasi untuk Kueh Moaci Gemini Semarang. Pada tahun 1980-an, toko pusat Kueh Moaci Gemini Semarang berpindah ke Jl. Kartini Raya untuk menjawab permintaan konsumendan agar selalu up-to-date, Kue Moaci Gemini Semarang secara resmi beroperasi di toko Pusat Kartini dan toko Cabang Madukoro di Ruko Semarang Bizpark A5. Kueh Moaci Gemini terjamin halal karena sudah mengantungi sertifikat Halal MUI dari tahun 2018.


Review Kueh Moaci Gemini

Love at First Bite”

Ungkapan ini pas banget ketika pertama kali mencicipi Kueh Moaci Gemini. Teksturnya yang lembut, kenyal dan padat berbeda dengan moaci pada umumnya. Di dalam tekstur yang kenyal terdapat isian kacang yang manis dan gurih. Perpaduan yang pas untuk dinikmati bersama keluarga. Ukuran Kuah Moaci Gemini lebih besar dibanding moaci lainnya, sehingga rasa kacang di dalamnya lebih terasa.

Ada berbagai varian rasa dari Kueh Moaci Gemini ini, diantaranya original (bubuk tepung diluar), original wijen, durian, strawberry, coklat, pandan dan talas. Namun saya baru mencicipi dua rasa yaitu original dengan bubuk tepung di luarnya dan original wijen.


Varian rasa Kueh Moaci Gemini

Ini pertama kalinya saya mencicipi Moaci dengan biji wijen di atasnya, rasanya unik, gurih dan sedikit manis namun tetap memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Moaci wijen ini memiliki cita rasa sendiri, cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka makanan manis.


Kueh Moaci Gemini Original Wijen

Kueh Moaci Gemini Original Tepung

Sekali cicip Kueh Moaci Gemini rasanya ga mau berhenti, bener-bener bikin ketagihan. Suami dan anak-anak di rumah pun suka. Buat kamu yang ada di Kota Semarang atau sedang berkunjung ke Kota Semarang, bisa mendapatkan Kueh Moaci Gemini yang asli di alamat berikut :

Toko Pusat : Jl Kartini Raya no 19

Toko Cabang : Jl. Madukoro Raya , Ruko Bizpark blok A5 (arah menuju Bandara A. Yani, Semarang)

Untuk yang lokasinya jauh atau mager ke luar rumah, sekarang Kueh Moaci Gemini sudah bisa dipesan melalui pembelian online di official store Kueh Moaci Gemini di Tokpedia dan shopee. Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi akun instagram Moaci Gemini Semarang.

Tokopedia : https://tokopedia.link/q1vxP1Hfefb

Shopee : https://shopee.co.id/moacigeminisemarang

Instagram : https://www.instagram.com/moacigeminisemarang


Komentar

  1. ENak niih moaci, kenyal-kenyal gemooyy teksture-nya ya mbaaa
    Waaa bisa order via shopee, jadi makin gampil yak.
    sip sippp!

    BalasHapus
  2. Mba,ini kue moachi favorit aku.... Ternyata khas Semarang tho... Mau yg berbalut tepung atau wijen semuanya suka!

    BalasHapus
  3. Liat fotonya berbalut tepung gitu, kayaknya enak banget deh Mbak, malah jadi ngiler.

    Noted banget nih aku mah kalau ke Semarang wajib banget beli ini. bisa jadi oleh-oleh yang enak juga ya.

    Dulu pernah ke Semarang tapi nggak tahu mau beli oleh-oleh apa.
    Ternyata banyak banget oleh-oleh yang menarik dan enak dari Semarang.

    BalasHapus
  4. Aku suka moci, astaga jadi pengen gara2 baca postingan ini. Kirimin ke Kalimantan, tolong. Hehe.

    BalasHapus
  5. Laily Fitriani14 April 2021 00.27

    Kue ini aku sukaaa banget Mbak. Sering beli kue Moci namanya, bentuknya bulat mungil-mungil dengan isian kacang. Wah, jadi keinget kue ini nih.

    BalasHapus

  6. Baru tahu kue muoci/moci berasal dari Jepang. Pantesan namanya rada-rada jepangan. Terima kasih, ananda Irma.

    BalasHapus
  7. Belum pernah coba nih. Entah ya suka apa nggak, karena kalau kemanisan biasanya gampang eneg hehehe

    BalasHapus
  8. Aku suka iiniiii.. moci dari semarang, kenyal-kenyal lembut. Nggak pernah lupa beli moci kalau dari semarang, selain bandeng tentunya.

    BalasHapus
  9. Ya ampun udah lama banget gak makan kue moci, jadi kangen. . Ternyata ini udah ada di Shopee ya mbak? Otw kepoin ah, lumayan gak perlu keluar rumah buat beli hehehe

    BalasHapus
  10. kalau di sukabumi namanya kue mochi mbak, sama tapi ukurannya kecil, sebesar kelereng hehe. ini kue moaci gemini guede banget yaaa

    BalasHapus
  11. Mochi ini terenaak..
    Aku juga suka banget sama mochi. Kalau beli, sering abis sama aku sendiri. Terutama mochi yang bentuknya kecil-kecil. hihii~ sekali lep, uda beres.
    Legend yaa...kue moachi gemini.

    BalasHapus
  12. Aku pernah jastip nih kue ini
    Cocok jadi teman ngopi atau ngeteh bahkan dengan es blewah
    Sayangnya sekarang ga ada lagi teman kesana

    BalasHapus
  13. Aku dulu pernah dikasi ini sama kepala sekolahku. Enak, sukak. Tapi lebih sukak ote-ote sih. Haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer